qatar_gratteciels

Nasionalisme di antara Para Pemburu Real

 

qatar_grattecielsSalam Wajager semua.

Saya akan memulai kisah-kisah para pemburu real di timur tengah, terutama di negara Qatar. Ini hanya obrolan ringan sambil ngopi he he..Semoga ini bisa memberi inpirasi dan kebanggaan tentang nasionalisme warga INDONESIA di luar negeri.

Awal mula teman saya yang bernama Tedy berangkat ke Qatar bersama 70 orang, menjadi pekerja dalam proyek bandara di Qatar. Sampai di Qatar mereka ditempatkan di dalam barak/mess pekerja di area bandara, yang dibuat dari kontainer dengan fasilitas yang lumayan.

Berkumpul dari berbagai negara, Thailand, Pilipina, Banglades, India, Pakistan,NKRI dan Malaysia. Bercampur dari berbagai kultur kebudayaan dan bahasa. Ini awal mula cerita dengan orang Turki yang mama memiliki budaya, memegang kepala adalah rasa sayang menurut mereka. Jadi setiap ketemu orang Turki yang kenal dengan kita, maka akan saling memegang kepala kadang juga diklepak he he.. tapi tidak marah karena memang budayanya.

Orang Bangladesh dengan budaya di negaranya yang hanya boleh membeli rokok eceran. Beli 3 batang, satu dihisap ramai-ramai, yang 2 batang diselipkan di dompet. Kalau di negaranya beli satu bungkus dan ketahuan sama polisi, langsung ditangkap, karena pemborosan.

Beda dengan orang India yang bekerja sebagai driver. Ceritanya sopir ini berantem dengan gondes (bonek), mereka berantem satu lawan satu waktu orang India memukul gondes, gondes jatuh trus bangun lagi dan melawan lagi sekali pukul orang India ini KO, pingsan he..he.. Jadi setiap ketemu orang indonesia, mereka bilang “INDONESIA STRONG”….heee..(tErimakasih gondes (bonek).

Beda jUga dengan orang Philipina yang dengan setia menunggu extra makan siang. Yang ada sambalnya ciri khas orang Indonesia.. Mereka bersedia menukarkan barang-barang yang ada di gudang material, bilamana kurang material dan hanya ditukar dengan masakan Indonesia….chili goooddd…Itu mereka bilang tentang sambal Indonesia..

Terus cerita tetangga yang jaguh..ternyata nyali mereka kecil kalau di luar..wkwkwkwk….Ternyata tidak seperti komentar di forum…Sok jaguh sok hebat…ternyata ayam sayur keluar dari negara mereka. Hampir kebanyakan begitu.

Intinya di sini warga NKRI yang di Qatar itu sering berantem. Kalau ada hiburan atau acara di KBRI terutama pas HUT RI, sama saja blok blokan juga….sampai petugas keamanan mengeluarkan tembakan peringatan. Tetapi setelah ribut dengan negara lain, semua berkumpul atas nama satu NKRI…tidak pandang bulu itu siapa dan dari daerah mana, intinya sama sama Indonesia. Mereka kompak walaupun sering berantem sendiri.

Cerita yang membuat saya merinding. Rasa NASIONALISME mereka, mengalahkan EGO, PERBEDAAN SUKU, AGAMA RAS. Mereka melebur menyatu dalam BHINEKA TUNGGAL IKA. Hanya ada NKRI…di hati mereka apabila ada yang melecehkan NKRI.

Saluuutt buat para pekerja di luar negeri…terima kasih buat Pak Tedy atas cerita di warung kopi. Semoga ini bisa meleburkan rasa ego,suku ras agama atas nama NKRI. PANCASILA.BHINEKA TUNGGAL IKA, UUD 45 menjadi landasan yang kuat dan bukan hanya slogan belaka.

Salam damai NKRI ku…semoga MERAH PUTIH AKAN SELALU BERKIBAR..DAN INDONESIA RAYA AKAN SELALU BERKUMANDANG DI DALAM SANUBARIKU…

Oleh: Bambang Wahyu

2 thoughts on “Nasionalisme di antara Para Pemburu Real

  1. Pas sekali dg keadaan kami dulu di malay,, tiap ada kributan psti tu budak INDONESIA,, jujur saja tanpa berniat sombong,, semua negara tak prduli india kah banglades, pakistan kah nepal, vietnam kah miyanmar, semua segan kalaw di antara mereka tau kalaw kami warga Indonesia. Krn mskipun kami orang tubuh kecil, tp mereka sangat prcaya kalaw kami selain strong semua orang Indonesia di yakini punya silat dan berkulit kebal. Termasuk setiap ada pembunuhan psti yg di curigai orang kita.. xixixixii.. salam INDONESIA strong.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s