kf-x

Politik, Ekonomi dan Kekuatan Bersenjata

“Posisi Indonesia di mata dunia”

kf-x

Ketika saya merangkum dan mengirimkan artikel tentang perkembangan KFX, saya melihat dan mempelajari beberapa hal. Bahwa tidak ada yang menyadari sebenarnya KFX dan IFX adalah suatu program yang sama. Dan bahwa ini adalah momen penting unuk kebangkitan kekuatan militer kita.

Ada beberapa poin yang ingin saya sampaikan. Saya tidak akan mencantumkan link. Karena ini pembahasan yang mudah. Maka, silahkan gunakan nalar kita masing-masing.

KFX/IFX akan lebih unggul dari F-35. Kenapa, karena. Untuk tahap prototipe dan test saja KFX akan rampung di 2025. Produksi di 2030.

Bayangkan, Korea diberi waktu untuk melakukan riset selama 9 tahun. INGAT, suatu riset di perlukan untuk membuat atau bahkan MENYEMPURNAKAN suatu konsep.

Sekarang saya ingin bertanya, SAAT ITU SUDAH BERUMUR BERAPA LAMA “TEKNOLOGI” F-35???

Kemudian Hal yang harus DIKETAHUI bahwa pesawat ini tidak punya embel-embel LIMITED. Artinya produk ini juga dijual untuk negara manapunyang berminat.

Korea akan mati-matian memperebutkan pasar pesawat yang menyaingi F-35 demi alasan profit tentu saja:

1.Sekarang coba bayangkan percakapan ini, saya bertanya pada sales sales Amerika dan China.

“Pak, saya diberi waktu 9 tahun untuk mempelajari sebuah produk. Menurut bapak, apakah saya mampu mempelajarinya atau (malah mungkin menyempurnakannya). Maka, kemungkinan besar Amerika dan China akan berkata:  ” Lupakan saja, kamu tidak akan berhasil. Produk itu di luar nalar kamu. Produk ini adalah sebuah maha karya. Ini sudah sempurna dan ini akan jadi tren ke depannya. Kamu akan gagal. Lebih baik berhenti atau kamu akan merugi”

Begitulah kira-kira yang akan mereka katakan.

(Sungguh naif, Amerika lupa bahwa rudalnya merupakan contekan dan pengembangan dari teknologi rudal V jerman rampasan perang dunia kedua. Sedang China lupa bahwa pesawat J-31 mencontek begitu banyak F-22).

Sekarang, MUNGKINKAH MURID LEBIH PINTAR DARI GURUNYA???? Sebenarnya Tak ada guru dalam hal teknologi. Yang ada adalah riset. Jika gagal, maka ada riset lanjutan dan akan terus begitu seterusnya sampai kemudian pemilik paten memperhitungkan cost dan perkembangannya.

Jika masih bisa di tanggung maka akan lanjut. Jika merugi, maka akan ditutupi dengan berita spektakuler yang menutupi cacat yang sebenarnya.

Bukankah itu yang sedang terjadi dengan F-35. Sebuah pesawat dengan mesin tunggal, badan yang terlalu bongsor, ketidak mampuan untuk dog fight, menggotong persenjataan yang terlalu sedikit dan banyak kekurangan lainnya.

2. Kenapa saya dengung-dengungkan KFX bukan IFX? Karena KFX lah roadmap sebenarnya dari IFX.
Artinya segala hal tentang KFX adalah IFX.

Bahkan untuk setiap penjualan KFX nntnya indonesia akan mendapatkan fee. Ini clue yang pertama.

3. Korea Selatan adalah salah satu sekutu Amerika di Asia. Tak heran Amerika memberikan berbagai sistem persenjataan bahkan TOT beragam teknologi militer kepada korea selatan dengan begitu mudahnya.

Kita mengetahui bahwa tidak mungkin mengharapkan teknologi militer tingkat tinggi dari Amerika. Yang ada malah negara tetangga yang (bukan rahasia umum lagi) sering kali bersitegang dengan kita selalu disuplai dengan persenjataan yang terbaik (contoh Singapore dengan F-15-nya). Kita menyadari itu. Tapi, tetap memasang sikap bersahabat. Sebuah langkah politik untuk tetap menunjukkan bahwa, RI bukanlah ancaman bagi hegemoni barat dan sekutu-sekutunya.

Akhirnya, lihat saat Korea selatan membuka tender KFX maka dengan tangan terbuka Korea Selatan langsung menerima kita untuk bergabung.secara tidak sadar Korea telah memberi kita akses unuk mendapatkan teknologi militer tingkat tinggi. Hadiah dengan bergabungnya Indonesia bersama korea dalam program KFX, maka 1 hal dari dulu yang amat kita cita-citakan dari sebuah industri dirgantara mencakup pesawat tempur akan tercapai. Apa itu???

Mengenal, memahami dan mampu MENGINTEGRASIKAN berbagai sistem dan teknologi PESAWAT TEMPUR KEDALAM SEBUAH model.
Kenapa saya katakan begitu???

Pasti teman-teman warjager tau apa itu LFX (tapi tidak ada yang tahu kenapa berita itu bisa bocor di hadapan kita dan kenapa pihak lapan “seakan-akan “cuma numpang pamor ketika berita KFX senter beredar, dengan mengatakan lapanpun mengaku “pernah” mengembangkan produk serupa.

Pernyataan itu bukan tanpa dasar. Tentu kita tak akan meragukan PT. DI dengan Lapan bila hanya sekedar merancang, membuat dan siap untuk jadikan sebuah” pesawat tempur” bukan, tapi lain ceritanya dengan mengintegrasikan berbagai system ke dalam sebuah frame. Dan coba pikir, untuk apa membangun sebuah hangar produksi KFX yang akan selesai beberapa tahun lebih cepat dari pada pembuatan prototifwnya sendiri??? Itu clue ke-2

1

2

3

4

4. Adalah hal yang lumrah abad ini, suatu sistem persenjataan dirakit menjadi satu dengan berbagai piranti, system dan teknologi dari beberapa produsen berbeda yang bekerja di bidang yang hampir sama. Contoh. Sebuah kapal mempunyai persenjataan dari negara A dan radarnya dari negara B. Sedang mesin dari kapal itu sendiri berasal dari negara C.

Apa artinya??? Artinya sekarang bukan jamannya lagi produk 100% lokal. Ini bisnis yang berbahaya. Bagaimana mungkin suatu perusahan pertahanan mempertahankan eksistensinya untuk mendukung terlahirnya sebuah mesin perang jika pemesanan terhadap alat perang itu sendiripun sepi. Maka, sokusinya adalah PROYEK GOTONG ROYONG.lihat amerika. Sidah berapa produsen pertahanannya di akusisi oleh pesaingnya dan berganti nama karena dagangannya kalah bersaing.

Sekarang jamannya modular. (apakah Indonesia kelak bisa melakukan ini dengan IFX dan menjadikan amerika dan bahkan korea selatan sendiri tidak dapat mengukur kemampuan pengembangan pesawat besutannya ???)

5. Saat anda membaca judulnya maka Anda tahu akan tahu apa yang saya maksud dengan politik, ekonomi, kekuatan bersenjata dan posisi Indonesia di mata dunia.

Kalau kemudian kamu bertanya tentang tank, kapal selam, korvet, frigate, helicopter, roket, missile. Jika membuat oesawat tempur dengan segala kerumitannya kamu mampu, mungkinkah negara-negara maju pembuat alutista ragu melakukan join production alutista mengingat bahwa upah di Indonesia murah dan sumber dayanya mampu bekerja di bidang yang mereka harapkan ?  Maka semuanya jawabannya adalah sama. YA, MEREKA TIDAK AKAN RAGU!

“Pikiranmu digilir untuk percaya pada berbagai kebohongan. Sebagian dari kamu akan percaya dan beberapa mungkin bingung, yang lainnya ada yang bertahan dengan apa yang di yakininya dan yang terakhir adalah yang paling menggenaskan. Yaitu orang-orang yang pasrah dengan apa yang akan berlaku. Tetapi, sebuah kebenaran hanya akan terbukti saat sesuatu yang bernama waktu itu memainkan peranan, saat itu si pemberontaklah yang kemudian dikenang sebagai pahlawan.”

oleh : B Stepanus

Jakartagreater.com

3 thoughts on “Politik, Ekonomi dan Kekuatan Bersenjata

    1. Tolong anda kasih tau di mana letak bahasa yg gx nyambung itu??? Menurut saya tulisan ini bagus sekali, apalagi kata2 terahirnya itu.. beeechh.mantap dan sangat dalam,, disitulah letak klimaxnya bung.. xixixixi.. salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s